Manfaat Daun Handeuleum Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Handeuleum Bagi Kesehatan

Tumbuhanberkhasiat.web.id –¬†Handeuleum merupakan salah satu tanaman herbal yang dipercaya berkhasiat menyembuhkan penyakit wasir (ambeien). Akan tetapi sebenarnya masih ada manfaat lainnya dari daun tersebut. Daun ini juga dikenal dengan nama Bandar Dunia Bola daun wungu atau daun ungu di beberapa daerah di Indonesia. Tumbuhannya adalah termasuk tanaman liar yang biasa tumbuh di pedesaan dan kadang digunakan sebagai tanaman hias. Akan cocok bila tumbuh pada ketinggian sekitar 1.250 m dpl.

Handeuleum diduga berasal dari Papua atau Polynesia dan tergolong dalam keluarga tanaman Acanthaceae. Tumbuhan ini memiliki ciri-ciri batang yang warnanya ungu, tegak, berukuran kecil, tinggi bisa mencapai 3 meter. Bunganya tersusun dalam suatu rangkaian tandan warnanya merah tua. Sedangkan untuk daunnya memiliki struktur posisi yang saling berhadapan.

Handeuleum memiliki kandungan zat kimia berupa alkaloid non-toksik, flavonoid, glikosid, steroid, saponin, tanin, calsium oksalat, asam format dan lemak. Beberapa kandungan kimiawi pada handeuleum mempunyai sifat sebagai anti-inflamasi, peluruh air seni, mempercepat pemasakan bisul, pencahar ringan, pelembut kulit kaki, melunakkan feses (kotoran), dan mengecilkan wasir.

Berikut adalah beberapa khasiat dari tanaman handeuleum yang mampu membantu pada kesehatan tubuh yaitu :

1. Mengobati Sembelit

Cara penggunaannya dengan menyiapkan 7 helai daun wungu, kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal setengah dan minum pada pagi hari.

2. Mengobati Ambeien

Cara penggunaannya dengan menyiapkan 15 helai daun handeuleum, seibu jari kunyit, sedikit gula aren, kemudian rebus dengan 4 gelas air hingga tersisa setengah airnya, lalu saring dan minum 2 kali sehari, masing-masing 1 gelas.

3. Mengobati Bisul

Cara penggunaannya dengan menyiapkan beberapa helai daun wungu kemudian dicuci lalu ditumbuk halus, lali oleskan pada bisul Atau Oleskan 2 Lembar daun ungu dengan minyak kelapa secukupnya, kemudian dipanggang di atas api dan tempelkan pada bisul saat masih hangat.

Baca Juga : Manfaat Daun Keji Beling Bagi Kesehatan Tubuh

4. Demam karena Perut Kotor

Cara penggunaannya dengan menyiapkan 7 helai daun ungu, 5 iris temulawak, kemudian direbus dengan segelas air , lalu saring dan minum 1 kali sehari.

5. Mengobati Batu Empedu

Cara penggunaannya dengan menyiapkan 7 helai daun ungu, beberapa helai daun urat, kemudian direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tinggal setengah dan diminum 2 kali sehari.

6. Melancarkan Haid

Cara penggunaannya dengan menyiapkan segenggam bunga daun wungu yang sudah dikeringkan, kemudian direbus dengan 4 gelas air hingga tersisa 1 gelas, lalu disaring dan diminum 3 kali sehari. Sebaiknya diminum 3 hari menjelang haid.

7. Mengobati Bengkak

Cara penggunaannya dengan menyiapkan kulit batang handeuleum, kemudian ditumbuk halus dan letakkan di bagian yang bengkak.

8. Mengobati Rematik atau Encok

Cara penggunaannya dengan menyiapkan segenggam daun wungu, kemudian dicuci dan ditumbuk. Lalu oleskan pada bagian yang sakit.

9. Melancarkan buang Air Seni

Cara penggunaannya dengan menyiapkan 1-2 genggam daun ungu dan adas pulowaras.