Tumbuhan Untuk Pengobatan Luka Dalam

Tumbuhan Untuk Pengobatan Luka Dalam

Anjeran atau dalam bahasa latinnya biasa disebut Bidens Leuchantha Willd. Tumbuhan ini bisa ditemukan dibanyak wilayah di Indonesia dengan berbagai macam sebutan.

Sebutan Anjeran di berbagai wilayah Indonesia memang ada banyak seperti Ambong-ambong dalam bahasa melayu, Ketul kebo atau Ketul sapi dalam bahasa jawan, cinglancungan dalam bahasa Madura, Hareuga dalam bahasa Sunda, Rai-raisu dalam bahasa Maluku.

Anjeran memiliki rasa yang sedikit pahit dan bersifat mendinginkan. Bagian tanaman anjeran yang dapat di manfaatkan sebagai obat adalah bagian akar, daun tanaman, dan seluruh bagian tanaman. Tanaman anjeran dapat digunakan untuk pengobata luar maupun pengobatan luka dalam.

Kandungan yang ada didalam tumbuhan anjeran diantaranya Phytosterin8. Tumbuhan ini pun memiliki khasiat lainnya seperti dapat berfungsi sebagai anti piretik atau penurun panas, antiradang, menghentikan pendarahan, melancarkan peredaran darah, dan sebagai astringen. Anjeran dapat digunakan untuk mengobati radang kulit, luka akibat gigitan ular, luka memar, wasir dan penyakit kulit seperti gatal-gatal.

Sedangkan untuk pengobatan luka dalam Anjeran dapar berfungsi untuk mengatasi demam, flu, sakit tenggorokan, infeksi hepatitis, menceret reumatik, sakit gigi dan radang usus buntu.