Perut Kembung? Gunakan Daun Beluntas

Perut Kembung, Gunakan Daun Beluntas
Perut Kembung, Gunakan Daun Beluntas

Tumbuhan Berkhasiat, Daun Beluntas – Beluntas merupakan tumbuhan semak yang bercabang banyak, berusuk halus, dan berbulu lembut. Umumnya tumbuhan ini ditanam sebagai tanaman pagar atau bahkan tumbuh liar, tingginya bisa mencapai 3 meter apabila tidak dipangkas, sehingga seringkali ditanam sebagai pagar pekarangan.

Beluntas dapat tumbuh di daerah kering pada tanah yang keras dan berbatu, pada daerah dataran rendah hingga dataran tinggi pada ketinggian 1000 meter dari permukaan laut, memerlukan cukup cahaya matahari atau sedikit naungan, dan perbanyakannya dapat dilakukan dengan setek batang pada batang yang cukup tua. Nama daerah: beluntas (Melayu), baluntas, baruntas (Sunda), luntas (Jawa), baluntas (Madura), lamutasa (Makasar), lenabou (Timor), sedangkan nama asing untuk tanaman beluntas adalah Luan Yi (Cina), Phatpai (Vietnam), dan Marsh fleabane (Inggris). Nama simplisia beluntas adalah Plucheacea folium (daun), Plucheacea radix (akar).

Daun beluntas yang merupakan sebuah tanaman kecil yang banyak ditemukan di kawasan yang dekat dengan pantai. Tanaman ini hidup dengan cara yang liar dan dapat mudah tumbuh meski tak sengaja dibudidayakan. Pemanfaatan daun beluntas ini banyak digunakan sebagai obat herbal yang cukup ampuh.

Manfaat Daun Beluntas untuk kesehatan

Mengurangi Pegal Linu

Khasiat daun beluntas ternyata juga dapat digunakan untuk mengurangi pegal linu pada tubuh. Pegal linu yang sering terjadi, pastinya akan sangat menyiksa diri. Apabila mengalami masalah pegal linu ini, maka sebaiknya meminum rebusan daun beluntas sebanyak 3 kali dalam 1 hari.

Menghilangkan Bau Badan

Bau badan tentu merupakan masalah sangat mengganggu, terutama untuk kehidupan sosial. Baik para wanita atau pria, pasti akan sangat tidak percaya diri disaat mengalami masalah bau badan. Mulai sekarang tak perlu khawatir karena daun beluntas dapat menjadi solusi permasalahan ini. Minum secara rutin air rebusan daun beluntas, maka bau badan yang terjadi pada diri dapat teratasi.

Menghilangkan Keputihan

Daun beluntas yang biasa dikenal sebagai sebuah tanaman liar ini, banyak digunakan untuk mengobati keputihan yang biasa dialami oleh para wanita. Daun beluntas pun dapat membuat keputihan ini menjadi berhenti total dalam tempo yang cukup singkat.

Menghilangkan Bau Mulut

Permasalahan bau mulut pun dapat menjadi kendala, terutama bagi yang kerap kali bercakap-cakap dengan orang lain. Apabila mengalami permasalahan ini, maka disarankan untuk meminum air daun beluntas atau gunakan sebagai obat kumur untuk mengatasi bau mulut ini.

Mengobati Nyeri Pinggang

Banyak orang yang sering mengalami nyeri pinggang. Hal ini akan sangat mengganggu kehidupan, jika terus-menerus terjadi. Rebusan daun beluntas memiliki khasiat penghilang rasa nyeri terutama pada daerah pinggang ini. Pada beberapa orang, sakit pinggul akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, dan cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi rebusan daun beluntas secara teratur.

Mengatasi Rematik

Bagi para orang tua yang mengalami permasalahan rematik, dapat mencoba mengkonsumsi ramuan daun beluntas. Khasiatnya dapat menghilangkan berbagai macam nyeri, ternyata juga dapat digunakan untuk mengobati rematik.

Mengatasi Perut Kembung

Daun beluntas ternyata juga dapat menjadi solusi ketika mengalami perut kembung, sehingga rasa tidak nyaman akibat perut kembung ini dapat segera menghilang dengan meminum rebusan daun beluntas.

Untuk mendapatkan daun beluntas ini, sebenarnya dapat ditemui dengan mudah pada kawasan yang tak jauh dari pantai. Daun beluntas terdapat di kawasan tersebut dan hidup dengan liar, meskipun hanya tumbuh liar di alam bebas, namun tidak perlu meragukan manfaat daun beluntas ini. Konsumsi daun beluntas secara rutin hingga keluhan yang dirasakan dapat berkurang. Namun diperlukan pula pengawasan dokter saat mengkonsumsi ramuan tradisional ini.