Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

tumbuhan berkhasiat temulawak
tumbuhan berkhasiat temulawak

Manfaat Temulawak – Si Kuning yang mirip dengan tanaman Kunyit ini mempunyai manfaat yang tidak kalah mumpuni untuk kesehatan,Manfaat temulawak telah terbukti dalam pengobatan Cina tradisional. Mereka banyak yang menggunakan temulawak, baik temulawak asli maupun temulawak cream, sebagai obat anti peradangan serta penyembuh luka. Walaupun memang penggunaan temulawak bisa langsung digunakan dalam dosis besar, tetapi dalam beberapa kasus temulawak bisa membuat perut menjadi sakit.

Ciri-ciri tanaman ini yaitu dengan terna berbatang semu dengan tinggi hingga lebih 1 meter tetapi tidak lebih dari 2 meter. Dengan daun berwarna hijau atau coklat keunguan, panjangnya 30 cm-85 cm dan lebarnya 10-18 cm.

Temulawak sendiri adalah jenis rimpang yang sering kali dijadikan campuran untuk berbagai hal, karena manfaat temulawak yang cukup banyak. Lalu apa saja manfaat temulawak untuk kesehatan?

1. Mencegah serta membantu Pengobatan Kanker

Walaupun masih sangat sedikit penelitian yang tersedia terkait manfaat temulawak dengan pengobatan kanker, namun beberapa ahli percaya temulawak dapat berguna untuk membantu pengobatan kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus. Manfaat temulawak ini didukung dengan sebuah riset yang dilakukan pada tahun 2001, yang menyatakan bahwa temulawak dapat menghambat pertumbuhan serta perkembangan kanker prostat.Para peneliti dari University of Maryland Medical Center menjelaskan bahwa bahan-bahan herbal mungkin bisa membantu menghentikan pertumbuhan kanker akibat zat antioksidan yang terkandung di dalam obat herbal, termasuk temulawak.

temulawak memiliki kandungan kurkumin yang berguna sebagai anti radang ataupun anti keracunan empedu. Temulawak mampu mencegahnya karena temulawak mampu mengobati sakit hepatitis B yang berperan sebagai faktor utama penyakit kanker hati.

Baca juga :

 

2. Mengatasi Masalah Pada Sistem Pencernaan

Manfaat temulawak yang pertama adalah merangsang produksi cairan empedu di kantung empedu. Tentu saja hal ini membantu pencernaan serta metabolisme makanan dalam tubuh. Tidak hanya itu, menurut para ahli, temulawak juga bermanfaat untuk mengatasi perut yang kembung, membantu pencernaan yang tidak lancar, dan meningkatkan nafsu makan.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Clinical Gastroenterology and Hepatology meminta pasien yang mengalami peradangan usus untuk mengonsumsi temulawak setiap harinya. Hasilnya, kelompok pasien tersebut mengalami proses penyembuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan kelompok pasien yang tidak mengonsumsi temulawak.

3. Mengatasi Osteorthritis

Manfaat temulawak lainnya yaitu membantu pasien yang mengalami Osteorthritis,Osteorthritis adalah peradangan yang terjadi pada persendian, di mana sendi-sendi menjadi terasa sakit dan kaku. Hal ini juga dibuktikan dalam sebuah jurnal yang diterbitkan di dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine. Dalam jurnal tersebut menunjukkan bahwa efek temulawak hampir sama seperti efek ibuprofen(obat penghilang rasa sakit) yang diberikan pada pasien osteoarthritis.

4. Manfaat Temulawak lainnya

Ahli medis menyebutkan, temulawak juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi sakit maag, diabetes, penyakit infeksi virus dan bakteri, serta arterosklerosis. Walaupun begitu, penelitian lebih lanjut tentang manfaat temulawak harus terus dilakukan. Beberapa maanfaat temulawak yang belum terbukti dalam studi ilmiah seperti, mengatasi ekzema,sirosis,penyakit jantung, masalah kesehatan mulut, serta batu empedu.