Manfaat Kacang Hijau

Manfaat Kacang Hijau

Tumbuhanberkhasiat.web.id – Kacang hijau adalah salah satu bahan makanan yang sangat populer di Indonesia. Orang Indonesia biasanya mengolah kacang hijau dalam bubur kacang hijau. Meski dianggap camilan, nyatanya, ada beberapa manfaat kacang hijau atau manfaat bubur kacang hijau yang bermanfaat bagi tubuh.

Melihat Lebih Jauh Manfaat Kacang Hijau untuk Tubuh

Termasuk dalam jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan protein, antioksidan, rendah lemak serta serat, kacang hijau juga mengandung Vitamin A, B, C, E, K serta folat, zinc, fosfor, kalium, dan zat besi. Nutrisi lainnya adalah karbohidrat, mangan, magnesium dan selenium yang semuanya bermanfaat bagi tubuh.

Berikut adalah khasiat kacang hijau yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

Menurunkan kadar kolesterol jahat dan tekanan darah
Manfaat kacang hijau yang bisa didapatkan adalah menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, karena kacang hijau mengandung serat yang tinggi, kacang hijau juga bermanfaat untuk menjaga fungsi usus, memperlancar proses pencernaan, dan menurunkan tekanan darah.

Dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terdapat 347 kilokalori dan 1,15 gram lemak. Dengan kandungan lemak yang tergolong rendah, konsumsi kacang hijau secara teratur dapat membantu penderita kolesterol untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami.

Baca juga : Manfaat Kacang Merah

Meningkatkan kepadatan tulang
Manfaat kacang hijau selanjutnya adalah menjaga kesehatan tulang. Kandungan magnesium pada kacang hijau dipercaya dapat menurunkan risiko osteoporosis pascamenopause pada wanita dan dapat meningkatkan kepadatan tulang serta pembentukan sel-sel tulang.

Perlu diketahui, dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terdapat 189 miligram magnesium. Jumlah ini cukup untuk mencegah tubuh kekurangan magnesium. Ketika Anda mengonsumsi magnesium dalam jumlah cukup, maka risiko osteoporosis akan berkurang.

Baik untuk penderita diabetes
Selain menurunkan risiko osteoporosis dan meningkatkan kepadatan tulang, manfaat bubur kacang hijau lanjutannya adalah baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Semua ini berkat kandungan magnesium di dalam kacang hijau. Tidak hanya itu, khasiat kacang hijau lainnya adalah baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan gejala sindrom pramenstruasi.

Karena kacang hijau mempunyai kadar indeks glikemik yang rendah, kacang hijau adalah makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Karenanya manfaat kacang hijau juga sekaligus menurunkan kadar gula dalam darah.

Menjaga sistem kekebalan tubuh
Kacang hijau memiliki kandungan protein sebesar 3,16 gram per cangkir. Kandungan proteinnya yang cukup tinggi ini membuat kacang hijau menjadi salah satu makanan alternatif bagi Anda yang tidak suka mengonsumsi daging.

Selain itu, kandungan lemak dan kolesterol jahat pada kacang hijau jauh lebih rendah daripada daging. Protein sangat penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan menunjang keberadaan setiap sel tubuh, kekurangan protein bisa menyebabkan kerontokan rambut, penyakit kwashiorkor dan busung lapar.

Membantu menjaga kesehatan kulit dan rambut
Kandungan protein dan zat seng dalam kacang hijau dapat membantu menjaga kesehatan kuku dan rambut. Selain itu, manfaat kacang hijau juga dapat membantu meremajakan kulit berkat kandungan phytoestrogen yang membantu memproduksi kolagen dan menjaga kulit tetap elastis, lembut, serta mencegah penuaan dini.

Mengatasi sembelit
Kacang hijau adalah salah satu sumber karbohidrat yang baik. Pada saat masuk ke dalam tubuh, karbohidrat akan dipecah menjadi glukosa yang berguna sebagai bahan bakar atau energi. Glukosa yang tidak terpakai akan berubah menjadi glikogen pada hati dan otot.

Anda bisa mengonsumsi sumber karbohidrat yang mengandung serat, sehingga manfaat karbohidrat akan dilengkapi dengan manfaat serat yang baik dalam menurunkan risiko sembelit atau konstipasi serta baik untuk kesehatan usus.

7. Menjaga kesehatan janin
Kandungan asam folat yang terkandung di dalam kacang hijau cukup tinggi, sehingga baik dikonsumsi untuk wanita yang sedang merencanakan kehamilan atau dalam masa kehamilan. Biji-bijian ini juga berkhasiat mencegah kelahiran prematur, keguguran, lahir dengan berat badan rendah hingga mencegah kerusakan saraf janin.

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil lainnya adalah membantu perkembangan janin dan pertumbuhan plasenta. Karena kandungan zat besi pada kacang hijau inilah dapat mengurangi risiko bayi terlahir dengan berat badan rendah. Dalam sehari ibu hamil memerlukan zat besi lebih banyak sekitar 25 mg.

Selain itu, khasiat kacang hijau yang bisa didapatkan karena kandungan thiamin di dalamnya. Thiamin atau dikenal dengan vitamin B1 mampu mengubah karbohidrat menjadi energi. Fungsi thiamin juga berguna untuk membantu perkembangan otak bayi.

Menurunkan kadar kolesterol
Manfaat kacang hijau selanjutnya adalah kemampuannya menurunkan kadar kolesterol. Dalam 100 gram kacang hijau setidaknya terdapat 1,15 gram lemak dan 347 kalori energi. Dengan kandungan antioksidan dan serat yang tinggi, serta kandungan lemak yang rendah, mengonsumsi kacang hijau secara teratur mampu menurunkan kadar kolesterol.

Membantu menjaga berat badan
Bagi Anda yang sedang menjalankan diet, salah satu manfaat kacang hijau yang bisa dirasakan adalah mengontrol nafsu makan. Apabila nafsu makan terkontrol, maka otomatis hal itu dapat menjaga berat badan tetap ideal. Nafsu makan yang terkendali ini karena kandungan serat dan protein dari kacang hijau membuat kenyang lebih lama dan lebih cepat

Menurunkan risiko penyakit jantung
Karena kandungan serat dan pati di dalam kacang hijau, makanan yang berwarna hijau ini baik untuk menjaga kesehatan saluran cerna. Bahkan, sebuah penelitian mengungkapkan, manfaat kacang hijau mengurangi risiko jantung dan menurunkan tekanan darah. Hal diduga berkaitan dengan sifat antiradang dan antioksidan di dalamnya.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Kacang hijau mengandung flavonoid yang mempunyai peran penting sebagai anti-inflamasi dan anti-mikroba yang bermanfaat untuk melawan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat membuat Anda jarang terkena penyakit.

Mengatasi anemia
Anemia adalah salah satu penyakit yang berbahaya apabila tidak segera mendapatkan penanganan. Anemia menyebabkan sel darah merah berkurang dari tubuh. Padahal, sel darah merah mempunyai peran penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Dengan kandungan zat besinya yang tinggi, kacang hijau adalah salah satu asupan yang baik dikonsumsi oleh mereka yang mengalami anemia. Perlu diketahui, zat besi adalah salah zat yang dapat membantu pembentukan sel darah merah.

Pada akhirnya, manfaat kacang ijo yang beragam ini berasal dari kandungan nutrisi, vitamin, dan mineral yang ada di dalamnya. Kacang hijau memiliki kandungan vitamin yang lengkap, namun kandungan vitamin utamanya adalah asam folat dan vitamin A. Sedangkan mineral yang cukup tinggi pada kacang hijau adalah kalium dan kalsium.