Khasiat Tumbuhan ADAS (Foeniculum vulgare Mill)

Khasiat Tumbuhan ADAS (Foeniculum vulgare Mill)
Khasiat Tumbuhan ADAS (Foeniculum vulgare Mill)

tumbuhanberkhasiat.web.id – Khasiat Tumbuhan ADAS (Foeniculum vulgare Mill),┬áTanaman ini memiliki bermacam-macam sebutan daerah, misalnya adas (Jawa, Bali), adas manis (Minangkabau), das pedas (Aceh), adhas (Madura), hades (Sunda), adase (Bugis), rempuse (Makasar), popaas (Manado), denggu-denggu (Gorontalo), wala wungu (Sumbawa), kumpasi (Sangir Talaud) dan lain-lain.

Buah adas memiliki rasa manis, pedas, berbau aromatik dan memiliki sifat menghangatkan. Bagian tanaman yang berkhasiat sebagai obat adalah buah, akar dan daunnya.

Baca juga :Khasiat Tumbuhan ANGGRUNG (Trema orientalis BI)

Kandungan dan Khasiat ADAS

Beberapa zat yang terkandung dalam adas, antara lain ; minyak asiri 0,3-6%, anethol 50-60%, fanchom, metilchavicol, dan anis keton. Selain itu, adas juga mengandung senyawa kimia, seperti kamfena, limonena, 1,8 sineol, arginin, p-sitosterol, dianethole, rutin, dan stigmasterol.

Manfaat dan khasiat adas antara lain ; menambah daya tahan tubuh, obat influenza, anti-kholinesterase, mengatasi ejakulasi dini, merangsang ereksi, anastesi, merangsang keringat, penguat hepar, perangsang syaraf pusat, mencegah kemandulan, memperkuat daya hidup sperma, pemicu pengeluaran hormon androgen, melemahkan potensi sperma, merangsang pengeluaran hormon estrogen dan menambah vitalitas.

Karena kandungan yang terdapat dalam adas, adas memiliki banyak manfaat diantaranya :

1. Dapat Membantu Mengobati Anemia
Karena zat besi dan zat histidin yang terkandung dalam adas dapat merangsang produksi hb dan juga membantu tubuh untuk dapat memproduksi sel darah merah di dalam tubuh. Apabila hb meningkat dan cukup maka anemia dapat diatasi.

2. Dapat Membantu Mengatasi Perut Kembung
Adas memiliki sifat antiflatulent. Sifat Antiflatuent pada adas tersebut mengurangi produksi gas yang ada di dalam perut

3. Dapat Membantu Mengatasi Sembelit
Biji adas memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat tersebut dapat menjaga pergerakan peristaltik di dalam usus, sehingga sembelit dapat teratasi.

4. Dapat Membantu Mencegah Kanker
Kandungan zat flavonoid, alkaloid dan juga fenol pada adas sangat bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dari pertumbuhan sel kanker. Ekstra biji adas dipercaya dapat mencegah sel kanker payudara dan juga kanker hati.

5. Dapat Membantu Mengatasi Gangguan Pencernaan
Minyak esensial pada biji adas dapat bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam gangguan di sistem pencernaan. Selain bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan, adas juga bermanfaat untuk merangsang sekresi dari asam lambung, mengurangi peradangan lambung dan juga peradangan usus.

6. Dapat Membantu Menormalkan Tekanan Darah
Kandungan Potasium dalam adas, bermanfaat untuk mengendurkan ketegangan pada pembuluh darah. Ketegangan itu dapat meninggikan tekanan darah. Semakin sedikit ketegangan dalam pembuluh darah maka tekanan darah akan semakin normal.

7. Dapat membantu Mengobati Sakit Jantung
Karena kandungan serat yang ada dalam biji adas dapat membentu untuk menjaga kestabilan kolesterol baik atau HDL dalam tubuh. Kandungan LDL dalam tubuh juga dapat diturunkan dengan biji adas. Kestabilan kolesterol dapat menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit kronis misalnya penyakit jantung dan juga stroke.

8. Dapat Membantu Mengobati Diare
Minyak esensial yang ada dalam adas dapat membantu untuk menyembuhkan diare.

9. Dapat Membantu Meningkatkan Fungsi Otak
Kandungan kalium dalam adas dapat membantu untuk meningkatkan konduksi listrik yang ada di seluruh tubuh termasuk konduksi listrik dari tubuh ke otak. Kalium dalam otak dapat meningkatkan fungsi dari otak dan kemampuan kognitif dari otak. Kalium juga dapat melancarkan aliran oksigen ke otak, sehingga fungsi dan memori otak akan semakin meningkat.

10. Dapat Membantu Mengobati Kolik
Minyak esensial adas bermanfaat untuk penyembuhan kolik penyakit ginjal.