Daun Kumis Kucing Obat Darah Tinggi

Daun Kumis Kucing Obat Darah Tinggi
Daun Kumis Kucing Obat Darah Tinggi

Tumbuhan Berkhasiat, Daun Kumis Kucing – Kumis kucing merupakan tanaman yang memiliki benang-benang halus berwarna putih seperti layaknya kumis yang dimiliki seekor kucing. Tanaman kumis kucing atau biasa disebut dalam bahasa Latin Orthosiphon Aristatus memang sudah lama dikenal masyarakat sebagai tanaman obat yang manjur dan mujarab untuk mengobati beberapa jenis penyakit.

Ahli gizi, Dr. med. dr. Maya Surjadjaja, MS, SpGK mengungkapkan, ada dua jenis kumis kucing, yakni yang bunganya berwarna putih dan ungu. Meski begitu, yang dipakai untuk obat justru bukan bunganya, melainkan daunnya dan ujung-ujung batangnya yang masih muda.

Maya mengatakan ada beberapa manfaat tumbuhan kumis kucing, salah satunya mengobati sakit pinggang yang disebabkan oleh penyakit batu ginjal.

Manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan

Mengobati sakit pinggang

Umumnya pria yang telah berumur 45 tahun ke atas dengan aktivitas fisik yang padat, akan sangat rentan terkena sakit pinggang. Hal ini bisa dimaklumi lantaran selain menguras tenaga, aktivias fisik juga pastinya akan sangat melelahkan dan berisiko, terutama bagi pria yang kesehariannya bekerja mengangkat dan memikul beban berat. Salah posisi sedikit saja bisa menjadi penyebab timbulnya sakit pinggang. Apabila ini terjadi, anda bisa memanfaatkan daun kumis kucing, caranya ialah dengan membuat ramuan dari campuran daun kumis kucing dan akanya. Ramuan ini kemudian anda minum minimal satu kali dalam sehari. Lambat laun, rasa sakit di pinggang andapun akan mereda dan hilang.

Obat hipertensi atau darah tinggi

Manfaat daun kumis kucing yang kedua adalah untuk mengobati penyakit darah tinggi. Penyakit ini biasanya menyerang orang-orang yang berlebihan dalam mengkonsumsi makanan dengan kandungan kadar gula tinggi, kadar lemak tinggi ataupun kadar garam yang tinggi. Bisa juga disebabkan karena kebiasanaan buruk seseorang seperti kebiasaan menghisap rokok, mengkonsumsi alkohol, bergadang dan kebiasaan buruk lainnya. Oleh karena itu sebisa mungkin kurangi atau hindari kebiasaan-kebiasaan buruk dan makanan-makanan yang berpotensi menyebabkan penyakit darah tinggi tersebut. Adapun kalau sudah terlanjur terkena penyakit darah tinggi, daun kumis kucing bisa anda manfaatkan untuk mengatasinya. Caranya ialah dengan meminum minimal satu gelas sehari ramuan daun kumis kucing.

Mengobati penyakit batu ginjal atau kecing batu

Batu ginjal atau kencing batu terjadi karena mengendapnya zat-zat limbah hasil pembersihan darah oleh ginjal. Umumnya penyakit ini akan menyerang orang-orang yang berusia 30-60 tahun. Penyebab lain yang bisa memicu munculnya penyakit ini ialah karena ginjal kita kekurangan bahan pencegah endapan kristal, yang jika ini terjadi, maka lambat laun kristal-kristal tersebut akan membeku dan menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Langkah pencegahan yang bisa kita lakukan untuk menghindari penyakit ini adalah dengan merutinkan untuk minum air putih tiap hari dalam jumlah banyak dan menghindari minuman atau makanan yang mengandung kadar gula berpengawet. Sedangkan untuk mengobati penyakit batu ginjal dengan daun kumis kucing bisa kita lakukan dengan cara membuat ramuan yang berbahan 90 gram daun kumis kucing yang telah dibersihkan, direbus dengan segelas air putih. Rebus sampai airnya tersisa sekitar setengah gelas, kemudian minumlah ramuan tersebut tiga kali sehari.

Mengobati keputihan pada wanita

Ramuan daun kumis kucing juga berkhasiat untuk mengobati keputihan. Penyakit ini hanya terjadi pada wanita, ditandai dengan keluarnya cairan putih kental dari organ intim. Meski kadang dianggap sepele, penyakit ini ternyata sangat berbahaya, apabila lambat ditangani, keputihan bisa menyebabkan kemandulan bahkan kematian.

Mengobati sembelit atau susah BAB

Sembelit atau susah BAB adalah pertanda pencernaan anda sedang terganggu. Salah satu penyebabnya adalah anda kurang mengkonsumsi makanan berserat yang akhirnya mengakibatkan (ma’af) tinja atau kotoran anda mengeras sehingga sulit untuk dikeluarkan. Jika ini terjadi maka siapkan beberapa daun kumis kucing, kemudian rebus dengan segelas air putih sampai benar-benar mendidih. Setelah dingin, minumlah minimal satu kali sehari atau sampai BAB anda normal kembali.