Belimbing Wuluh Penetral Sariawan

Belimbing Wuluh Penetral Sariawan
Belimbing Wuluh Penetral Sariawan

Tumbuhan Berkhasiat, Belimbing Wuluh – Belimbing sayur (dikenal pula dengan nama belimbing wuluh, belimbing buluh, belimbing botol, belimbing besi, atau belimbing asam) merupakan sejenis pohon kecil yang diperkirakan berasal dari Kepulauan Maluku, dan dikembangbiakkan serta tumbuh bebas di Indonesia, Filipina, Sri Lanka, Myanmar, dan Malaysia. Tumbuhan ini biasa ditanam di pekarangan untuk diambil buahnya yang memiliki rasa asam yang sering digunakan sebagai bumbu masakan dan campuran ramuan jamu.

Manfaat belimbing wuluh bagi orang Indonesia yang gemar kuliner pastinya adalah sebagai racikan penambah rasa makanan tradisional. Tapi tahukah Anda belimbing wuluh punya manfaat lain yang baik bagi kesehatan?

Belimbing wuluh atau averrhoa bilimbi banyak ditemukan di pekarangan rumah orang Indonesia. Area penyebaran pohon belimbing wuluh tidak hanya di Indonesia saja, karena ia juga bisa ditemukan Thailand, Malaysia, Kamboja bahkan sampai India dan Srilanka.

Manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan

1. Daun yang bermanfaat

Daun belimbing wuluh ternyata pada obat tradisional juga digunakan sebagai pengobatan gatal-gatal pada kulit, menyembuhkan pembengkakan gondok dan rematik. Jika Anda menghaluskan daun belimbing wuluh, serapan airnya bisa mengobati gatal akibat gigitan serangga.

2. Sirup belimbing wuluh

Manfaat belimbing wuluh lainnya adalah bisa mengobati demam dan radang pada tenggorokan. Buah belimbing wuluh baiknya dijus atau dihaluskan menjadi sirup. Sirup belimbing wuluh juga bisa mengurangi sakit mengejan pada penderita ambeien (wasir).

Baca Juga :

 

 

3. Sebagai pembersih

Belimbing wuluh memiliki sifat zat antibakteri. Sehingga di kawasan Asia banyak yang menggunakannya sebagai jus (untuk membersihkan usus yang kotor), sabun, atau bahan pembersih tangan sehabis makan (dengan memeras air belimbing wuluh).

4. Mencegah penyakit dalam

Buah belimbing wuluh ini kaya vitamin C. Hal ini juga dapat digunakan untuk mencegah diabetes, mengatasi jerawat, jamur kulit, sariawan, dan dapat mencegah hipertensi.

5. Menyembuhkan gondok leher

Virus gondok dapat mengakibatkan pembengkakan leher karena pembengkakan menyerang dari satu atau kedua kelenjar parotis. Akibatnya, kulit leher mengalami pengerasan dan menonjol. Belimbing wuluh dapat membantu mengurangi rasa sakit gondok ini.

Caranya adalah dengan menggunakan belimbing wuluh muda dicampur dengan 3 sampai 4 siung bawang putih dan bawang merah. Campuran dibuat menjadi adonan halus dan dioleskan pada gondok. Dalam beberapa hari jika dilakukan rutin bisa mengurangi bengkak pada leher.