Banyaknya Manfaat Tumbuhan Kencur

kencur

Tumbuhanberkhasiat.web.id – Tanaman Kencur (Kaempferia galangal) adalah salah satu tanaman herbal yang berasal dari spesies jahe. Kencur digunakan sebagai bumbu, tetapi di sisi lain, kencur juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Manfaat kencur tidak hanya berasal dari rimpang, tetapi juga bisa berasal dari daun.

Daftar Manfaat Kencur untuk Kesehatan Tubuh

Relaksasi

Manfaat kencur yang pertama adalah untuk relaksasi. Ekstrak kencur yang berasal dari daun atau rimpangnya dapat memberikan efek sedatif atau menenangkan. Aroma kencur bisa dijadikan sebagai campuran aromaterapi. Efek relaksasi dari kencur ini juga dipercaya bahwa kencur dapat mengurangi stres. Selain mengurangi stres, kencur juga dimanfaatkan sebagai obat untuk menghilangkan gejala gelisah, cemas, hingga depresi.

Manambah Nafsu Makan

Khasiat kencur yang sering diperbincangkan selanjutnya adalah dapat menambah nafsu makan. Kencur sebagai penambah nafsu makan biasanya dikonsumsi sebagai jamu beras kencur. Jamu ini merupakan campuran dari kencur, beras, gula merah, dan asam jawa.

Konsumsi beras kencur tidak mengenal usia sehingga aman di konsumsi anak-anak maupun orang dewasa. Fungsinya untuk menambah nafsu makan biasanya ditujukan untuk anak-anak. Sedangkan pada orang dewasa kencur bisa menjadi penambah stamina tubuh.

Baca juga : Buah Pepaya Sangat Bermanfaat

Mengatasi Diare

Manfaat kencur selanjutnya adalah dapat mengtasi diare. Khasiat kencur sebagai obat diare didapatkan dari kandungan zat antibakteri dan sitotoksik dalam kencur yang jumlahnya bisa dikatakan tidak sedikit. Selain mengatasi diare, kencur juga dipercara dapat menguradi gejala sakit perut lainnya.

Mengatasi Radang Lambung

Manfaat kencur selanjutnya masih berkaitan dengan sistem pencernaan. Tanaman kencur dipercaya dapat mengobati penyakit maag. Cara mengonsumsi kencur untuk mengatasi radang lambung adalah dengan dikonsumsi secara langsung. Memasak kencur justru dipercaya dapat mengurangi nutrisi dari kencur itu sendiri.

Obat Anti Nyeri

Tanaman kencur juga dipercaya dapt menjadi obat yang dapat mengatasi berbagai macam nyeri. Khasiat kencur sebagai obat anti nyeri membuat kencur banyak dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi, nyeri sendi, nyeri dada, nyeri perut, hingga sakit kepala. Kencur bisa dikonsumsi secara langsung atau pada kasus seperti nyeri sendi, ekstrak kencur bisa berupa minyak esensial yang bisa dijadikan minyak gosok.

Obat Anti Radang

Selain sebagai obat anti nyeri, manfaat kencur lainnya adalah sebagai obat anti radang karena tanaman kencur memiliki sifat antiinflamasi. Maka dari itu, tanaman kencur sangat cocok untuk dijadikan obat untuk berbagai penyakit akibat radang seperti pembengkakan, demam, dan juga rematik.

Obat Batuk

Manfaat kencur lainnya yaitu adalah sebagai obat pelega tenggorokan. Campuran kencur dan garam biasa dijadikan sebagai obat pereda batuk berdahak. Selain untuk pengobatan, Anda juga bisa menjadikan kencur sebagai bahan alami untuk menjaga tenggorokan dan pita suara Anda tetap sehat. Hal ini biasanya dilakukan oleh orang yang bekerja sebagai penyanyi. 

Manfaat untuk Kulit

Khasiat kencur selanjutnya adalah dapat mengobati penyakit kulit. Manfaat kencur ini tentunya bisa didapat karena sifat antiinflamasi dan antibakteri dari kencur. Selain penyakit kulit, tanaman kencur juga tentunya ampuh untuk menyembuhkan luka dan juga bisa dijadikan sebagai perawatan wajah berjerawat.

Tanaman kencur juga dipercaya mampu untuk mengontrol minyak berlebih, menghaluskan, hingga mengencangkan kulit. Cara mendapatkan manfaat kencur untuk kulit sangatlah mudah, Anda hanya perlu menumbuk kencur hingga hancur, lalu mengaplikasikannya pada kulit. Penambahan bahan lain mungkin ditubuhkan dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Pada dasarnya mencari bahan herbal untuk pengobatan memang tidaklah sulit. Kita bahkan bisa mencari di dapur sendiri seperti tanaman kencur ini. Tapi meskipun manfaatnya banyak, beberapa manfaat kencur ini masih membutuhkan penilitian lebih lanjut untuk memastikan khasiatnya sebagai obat.

Maka dari itu, gunakanlah kencur dengan hati-hati dan tidak berlebihan. Jika penyakit Anda tidak membaik setelah menggunakan obat herbal, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter.