Tumbuhan Untuk Meredakan Panas Dalam

Tumbuhan Untuk Meredakan Panas Dalam

Alang-alang atau yang dalam bahasa latinnya Imperata Cylindrica adalah tanamanya yang biasanya digunakan untuk meredakan panas dalam.

Alang-alang merupakan bahasa umum yang digunakan akan tetapi selain itu di berbagai wilayah Indonesia alang-alang sendiri masih memliki sebutan lain seperti :Neleleng Laku di daerah Aceh, Rih dalam bahasa Batak, Alalang di wilayah Minangkabau, Lioh sebutan dari Lampung, Kieurih dalam bahasa Sunda, Lalang dalam bahasa Madura, Ambengan dalam bahasa Bali, Halalang dari bahasa Kalimantan, Kalepip dalam bahasa Papua.

Alang-alang memang banyak memiliki kegunaannya dan bagian dari tumbuhan ini yang memiliki kandungan yang berkhasiat adalah akarnya atau rimpang. Bagian akar ini sebenarnnya memiliki rasa yang agak manis dan bersifat sejuk.

Kandungan dalam akar atau rimpang alang-alang menurut penelitian yang ada diantaranya Manitol, Glukosa, Sukrosa, Molic Acid, Citric Acid, Coixoi, Orundoin, Cylindrin, Fernenol, Simiarenol, Anemonin, Asam kersik, Damar, Logam Alkali, Saponin, Tanin, dan Polifenol.

Khasiat lainnya dari akar alang-alang selain untuk meredakan panas dalam seperti penurun panas, peluruh kencing (Diuretik), menghentikan pendarahan (Hemostatik), menghilangkan rasa haus, obat sariawan, dan dapat juga mengatasi muntah darah, menghentikan darah mimisan dan obat kencing nanah dan radang ginjal.